Tumbuhan Ajaib Kaya Manfaat = Kedelai !

Monday, May 2, 2011

Satu lagi ciptaan Tuhan yang menyimpan berjuta manfaat. Semua tentu kenal KEDELAI, bukan? (tidak sama dengan keledai lho..) Kedelai merupakan jenis keluarga kacang-kacangan yang memiliki ukuran hampir sama dengan kacang polong. Kedelai dikenal dengan berbagai nama: sojaboom, soja, soja bohne, soybean, kedele, kacang ramang, kacang bulu, kacang gimbol, retak mejong, kaceng bulu, kacang jepun, dekenana, demekun, dele, kadele, kadang jepun, lebui bawak, lawui, sarupapa tiak, dole, kadule, puwe mon, kacang kuning (aceh) dan gadelei. Berbagai nama ini menunjukkan bahwa kedelai telah lama dikenal di Indonesia.

Kedelai yang dibudidayakan sebenarnya terdiri dari paling tidak dua spesies:
1.    Glycine max (disebut kedelai putih, yang bijinya bisa berwarna kuning, agak putih, atau hijau), merupakan tanaman asli daerah Asia subtropik seperti RRC dan Jepang selatan.
2.    Glycine soja (kedelai hitam, berbiji hitam), merupakan tanaman asli Asia tropis di Asia Tenggara. Tanaman ini telah menyebar ke Jepang, Korea, Asia Tenggara dan Indonesia.

Beberapa kultivar kedelai putih budidaya di Indonesia diantaranya adalah ‘Ringgit’, ‘Orba’, ‘Lokon’, ‘Darros’, dan ‘Wilis’. “Edamame” adalah sejenis kedelai berbiji besar berwarna hijau yang belum lama dikenal di Indonesia dan berasal dari Jepang. Edamame kaya isoflavon dan serat yang dapat menurunkan produksi kolesterol dan mencegahnya menempel pada dinding-dinding arteri.


Apa sebenarnya Isoflavon tersebut? Isoflavon merupakan salah satu senyawa nabati disebut fitoestrogen yang memiliki aktivitas seperti estrogen tapi sangat berbeda dengan estrogen manusia. Isoflavon memiliki pengaruh positif dalam kesehatan pria maupun wanita. Berbagai manfaatnya antara lain:
1.    Menurunkan kolesterol
2.    Mencegah penyakit kardiovaskuler, osteoporosis dan sistem vesomotor pada wanita pre- dan post-menopausal
3.    Menurunkan resiko kanker payudara pada pre-menopausal woman
4.    Sebagai zat anti-kanker dan mencegah kanker prostat bagi pria

Banyak makanan yang tidak asing bagi kita yang berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, kecap, susu kedelai, dan lain sebagainya. Saya jadi ingat ibu saya sering membeli kedelai mentah di pasar, yang kemudian beliau kukus dan dijadikan camilan sore hari. Enaaakk…..

Selain harganya sangat terjangkau dan rasanya yang nikmat, tidak ada yang meragukan berbagai manfaat kedelai. Kandungan protein nabatinya lebih besar dibanding kacang-kacangan lain membuat kedelai kaya manfaat. Selain mengandung isoflavon, kedelai juga mengandung 9 asam amino dan sejumlah nutrisi penting seperti serat, lemak baik, serta vitamin dan mineral (folat, kalium, magnesium, zinc, zat besi dan kalsium). Menakjubkan bahwa di dalam sebutir kedelai yang kecil tersebut mengandung segala macam kebaikan yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Benar-benar karya Tuhan yang ajaib!



Berikut merupakan video dari Program Reality Show "Ask Amy" yang juga menuturkan berbagai manfaat kedelai :

0 comments:

Post a Comment