Cantik dan Awet Muda dengan Kedelai

Monday, May 2, 2011

Ini bagian yang paling saya suka dari manfaat kedelai. Ternyata kedelai memiliki beragam manfaat yang berhubungan dengan kecantikan ! 

Dalam cerita rakyat Cina kuno dikatakan bahwa para wanita pekerja di industri tahu selalu memiliki kulit paling indah, berkilau, dan cerah bagaikan porselen. Bahkan dalam "Ensiklopedi Pengobatan Tradisional Cina", sebuah buku naturalistik penyembuhan yang digunakan di banyak negara; kedelai memiliki manfaat terapi yang dapat menghaluskan dan membuat kulit sehat. Oleh karena itu, banyak perusahaan kosmetik menggunakan protein kedelai, minyak kedelai, dan kedelai lesitin dalam produk perawatan kulit mereka. Senyawa kedelai ini telah terbukti dengan kondisi kulit. Studi menunjukkan bahwa protein dan isoflavon yang ditemukan dalam kedelai membantu dalam milanosome menghambat pengurangan pigmen.

Berikut ini merupakan berbagai khasiat kedelai dalam bidang estetika kulit dan tubuh :

1. Mencegah penuaan dini
Kedelai memiliki khasiat menyerupai hormon estrogen yang bisa menjaga kekenyalan kulit dan menghambat laju penuaan dini bila dikonsumsi secara rutin. Fungsi isoflavonnya mempengaruhi peningkatan faktor alami kulit (natural moisturizing factor) sekaligus merangsang pembentukan kolagen. Tidak hanya itu, Isoflavon pun mampu memperbaiki metabolism lemak plus mengontrol berat badan.

2. Mengatasi selulit
Selulit adalah lemak yang tertimbun pada bagian dibawah kulit. Hal ini menyebabkan kulit keriput seperti kulit jeruk. Pada wanita, lemak lebih banyak tertimbun di bagian tertentu, seperti paha, bokong, perut, serta sebagian punggung. Untuk mencegahnya kita harus mengurangi kadar lemak dalam tubuh, hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Kedelai mengandung letichin dan asam amino yang dapat menghindarkan kita dari masalah selulit tersebut.

3. Mencegah timbunan lemak pada lingkar perut
Buat para wanita, khususnya pada wanita pascamenopause, dalam riset bagi yang mengkonsumsi susu kedelai secara teratur akan cenderung memiliki perut lebih ramping dibanding rekan mereka yang minum susu biasa. Peneliti menekankan bahwa mencegah penimbunan lemak pada usia paruh baya sangat penting artinya karena lemak yang berlebihan pada perut berkaitan dengan tingginya risiko mengidap diabetes dan penyakit jantung.

4. Membentuk otot
Dibandingkan dengan beras, jagung, tepung singkong, kacang hijau, daging, ikan segar, dan telur ayam, kedelai mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi, hampir menyamai kadar protein susu skim kering. Protein yang cepat dicerna dan dikenal sebagai protein ‘cepat’ seperti pada kedelai, mengalirkan asam amino yang besar ke dalam darah, sehingga protein ini dapat digunakan untuk memperbesar massa otot. Selain dapat meningkatkan massa otot, protein dalam kedelai juga membantu pemulihan otot dan memberikan energi. Hasil penelitian menunjukkan, kedelai dapat membantu peningkatan massa otot, berkurangnya kadar lemak dalam tubuh serta meminimalisir terjadinya radang otot.


Untuk bagian mencegah timbunan lemak dan membentuk otot ini, kita juga harus mengimbanginya dengan diet sehat dan olahraga secara teratur. Pola makan pun juga harus kita ubah menjadi lebih sehat. Hindari makanan berminyak dan berlemak. Satu hal yang menjadi kesulitan adalah tentang masalah ngemil ! Menahan diri untuk tidak makan nasi mungkin masih bisa kita atasi, tetapi tidak sama halnya dengan ngemil. Tiap waktu saat lapar kita pasti ingin ngemil. Apalagi saya. Saya paling suka ngemil.....

Pertanyaannya, apa benar ngemil juga bisa membuat GENDUT? Tentu saja benar apabila kita salah memilih cemilan. Pilihlah cemilan sehat yang tidak membuat timbunan lemak, melainkan membantu menguranginya.

Susu kedelai, adalah salah satu contoh selingan praktis yang sangat menyehatkan. Dibandingkan dengan susu non-fat, kandungan protein susu kedelai dua kali lebih banyak.

Nikmatnya susu kedelai tidak diragukan lagi. Nikmat dan manfaatnya bisa dirasakan hingga merambah ke seluruh dunia seperti contoh iklan di bawah ini:


Selain susu kedelai, jika kita membahas masalah camilan sehat, pikiran saya langsung tertuju pada SOYJOY, snack sehat yang mengandung segala kebaikan kedelai kaya manfaat untuk tubuh kita. SOYJOY merupakan fruit soy bar kaya protein dan serat, bisa menjadi pilihan sehat sebagai snack atau bekal untuk berolahraga. Selain rasanya yang nikmat dengan berbagai variasi rasa, SOYJOY termasuk dalam kategori makanan Low GI sehingga tidak perlu kuatir menjadi gemuk / menambah berat badan. Ngemil pun akan menjadi menyenangkan karena tidak diliputi rasa bersalah lagi.



Sumber :
http://www.soyjoy.co.id/
http://www.dennysantoso.com/
http://www.kesehatanport.com/

0 comments:

Post a Comment