Mari Belajar Tentang Tumbuhan Dunia

Saturday, April 16, 2011

Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan dunia beserta isinya dengan sangat sempurna. Kita sebagai manusia diciptakan paling sempurna dibanding makhluk hidup ciptaanNya yang lain yaitu binatang dan tumbuhan. Akan tetapi, tentu saja dunia flora-fauna juga tidak kalah menariknya bila kita amati. Yang menarik perhatian saya kali ini adalah tentang dunia flora. Di dunia ini terdapat beraneka-ragam jenis tumbuhan. Para ahli biologi pun sampai membuat berbagai klasifikasi untuk tiap-tiap jenisnya. Pertanyaannya, bagaimana kita bisa dengan cepat menemukan klasifikasinya dan mengetahui manfaat tumbuhan tersebut?



Desember 2010 lalu, ahli botani asal Inggris dan Amerika Serikat meresmikan satu penemuan terbaru. Database tumbuhan terlengkap di dunia! Database tersebut dibuat untuk membantu program para ahli konservasi, pembuat obat dan peneliti pertanian. Database ini bisa untuk merencanakan konservasi, mencari manfaat ekonomi dari tanaman dan sebagainya. This is so cool!

Database keren ini dapat kita akses di www.theplantlist.org. Di dalam situs ini memuat 1,25 juta nama tumbuhan. Dari 1,25 juta nama dalam database ini, 1,04 juta di antaranya adalah nama spesies. Sementara sisanya merupakan nama “infraspesific” atau nama-nama untuk tingkat varietas atau subspesies. Sebanyak 300.000 nama spesies diterima sebagai istilah standar. Sementara 480.000 lainnya merupakan sinonim dari nama lainnya. Sedangkan sisanya, sekitar kurang lebih 260.000 nama masih belum tersepakati.

Data-data tanaman pertanian seperti padi dan gandum hingga tanaman hias seperti bunga mawar dan paku-pakuan liar juga ada di sini. Secara spesifik, data tersebut dibuat untuk membuat penamaan tanaman lebih akurat. Menurut para ilmuwan, tanpa keakuratan nama tumbuhan, pembicaraan tentang kehidupan tumbuhan bisa membingungkan dan menghabiskan waktu.

Dalam pembuatan proyek database ini melibatkan Kew Garden Royal Boyanic Garden di London dan Missouri Botanical Garden di St. Louis. Peter Wyse Jackson, Presiden Missouri Botanical Garden mengatakan langkah ini adalah sebuah kemajuan, data ini untuk pertama kalinya memberikan daftar tanaman yang ada di planet ini dan bisa digunakan untuk banyak kebutuhan. Bisa untuk merencanakan konservasi, mencari manfaat ekonomi dari tanaman dan lainnya.



Pada database ini, nama tumbuhan terpanjang adalah Ornithogalum adseptentrionesvergentulum, yang merupakan nama spesies mencakup tanaman Bintang Natal. Sementara, nama terpendek adalah Poa fax, yaitu nama bunga berwarna ungu dari Australia.

Sebagai mahasiswi jurusan Ekonomi, tentu saja bidang saya sangatlah jauh berhubungan dengan dunia flora seperti ini. Tetapi yang namanya manusia tentu saja tidak ada kata TIDAK untuk belajar. Dengan adanya database ini, bisa mempermudah bagi kita yang ingin belajar lebih lagi tentang botanical dan mengetahui manfaat-manfaat dari tumbuhan tersebut karena di database ini tersaji dengan sangat lengkap. Untuk menggunakannya, ada petunjuk di dalam situs tersebut bagaimana kita menggunakan search engine yang tersedia. Benar-benar cepat, praktis, dan lengkap !

0 comments:

Post a Comment